Cara Kerja SSL Protokol Secure

SSL kepanjangan dari socure socket layer adalah protokol khusus atau jalur khusus yang lebih aman pada website dimana semua transaksi yang menggunakan protokol tersebut akan enkripsi.


Cara keja SSL protokol secure adalah sebagai berikut : 
-  User pengguna internet bankng atau pengguna transaksi online mengakses situs yang terproteksi oleh SSl,    biasanya URL situs tersebutdi awali dengan https, tanda gembok, atau muncul pesan di browser.

-  Kemudian server dari web yang anda akses tersebut akan memberi tahukan secara otomatis, bahwa situs telah tervalidasi sebagai situs yang memiliki sertifikat keamanan atau menggunakan SSL.
- Ketika transaksi mulai terjadi, browser akan mengacak session key, biasanya menggunakan public key, sehingga nantinya sesion hanya akan terbaca pada komputer yang anda gunakan.

-  Ketika anda mengirim data penting, seperti username, pin atau pasword, maka secara otomatis situs tersebut akan mengenkripsi data yang diinputkan. Begitu juga ketia anda melakukan berbagai trandaksi lainnya.
-  Pada saat anda logout secara otomatis, sesion tersebut akan dihapus (destroyed) dari browser. 
 

Berikut adalah contoh gambar dari cara kerja SSL 









Penjelasan dari gambar cara kerja SSL diatas
1.  Pengunjung melakukan permintaan dengan mengakses halaman website.
2.  Server mengirimkan sertifikat
3.  Sistem Enkripsi berjalan
4.  Server men-deskripsi menggunakan kode privat dan anda bisa melihat halaman yang anda akses

Itulah sekilas cara kerja SSL ,semoga bermamfaat 

3 komentar:

  1. Informasi yang menarik. Sebagai info, kami dari warungssl.com mengadakan #WarungSSL Blog Competition dengan hadiah puluhan juta rupiah, terbuka untuk umum. Temanya masih berkaitan dengan SSL. Kalau berminat, silahkan klik disini ya : https://goo.gl/nDrCdE.

    Thanks

    BalasHapus
  2. apa bisa kita menghilangkan/disable ssl yang udah di pasang ? soalnya setiap saya setting" soal seo website, saya gak bisa cek settingan itu berhasil/tidak katanya layanan seo nya terblock sama ssl website saya itu

    BalasHapus