Sejarah Java

Java dibuat dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1991 oleh sebuah tim Sun Microsystem yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling dengan code name Oak. Kemudian nama Oak tersebut diubah menjadi Java pada tahun 1995. Ide pertama kali kenapa Java dibuat adalah karena adanya motivasi untuk membuat piranti lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai macam peralatan elektronik consumer biasa, seperti microwave, remote control, telephone, card reader dan sebagainya. Peralatan elektronik consumer ini dapat menggunakan berbagai macam CPU yang berbeda-beda yang digunakan sebagai controller. Ini mengakibatkan pembuatan piranti lunak untuk setiap peralatan elektronik menjadi sulit dan mahal. Karena itulah maka muncul sebuah ide yang kemudian mendasari dan melahirkan apa yang sekarang kita kenal sebagai Java. 

Pada saat yang hampir bersamaan ketika rancangan Java pertama kali dibuat, jaringan internet juga mulai berkembang dengan pesatnya, terutama web. Ide portabilitas dan platform independent yang dimiliki oleh Java juga diperlukan oleh web. Sehingga seiring dengan semakin terkenalnya web, Java juga semakin terangkat popularitasnya sebagai bahasa pemrograman web yang portable, apalagi dengan diperkenalkannya applet yang merupakan suatu aplikasi yang didesain untuk ditransmisikan melalui internet dan dieksekusi oleh web browser yang kompatibel dengan Java.

Java merupakan full programming language, yang secara esensi sama dengan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ di mana agar dapat digunakan, kode Java yang dibuat harus dikompilasi menjadi bentuk yang dapat dieksekusi oleh run-time system java (Java Virtual Machine). Program Java yang dibuat sebagai applet tidak dieksekusi oleh web browser melainkan web browser hanya bertindak sebagai container yang memungkinkan applet tersebut dieksekusi di dalamnya. 

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya :

java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
java.io : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan file.
java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
java.net : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antar muka dengan pengguna (GUI).
java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada web browser.

Sekian sedikit sejarah Java dari saya, Semoga bermamfaat.

0 komentar:

Posting Komentar