Tips Menjaga Komputer Agar Terbebas dari Virus

Virus sampai saat ini masih saja seringkali menyerang komputer atau laptop. Tetapi Anda tidak perlu galau apalagi risau akan hal ini. Banyak hal mudah yang bisa Anda lakukan agar PC komputer terbebas dari virus berbahaya maupun virus yang menyerang kecepatan kerja komputer. Tindakan preventif sangat perlu untuk Anda lakukan. Agar komputer Anda terbebas dari progam berbahaya dan mengancam data file Anda, berikut cara mudah mencegah penyebaran virus di komputer maupun laptop Anda:
a. Pastikan Komputer Selalu Bersih
Bersih disini bukan hanya bersih dari segi perangkat lunaknya saja, tetapi juga kebersihan dari perangkat keras komputer sangat perlu untuk diperhatikan. Pastikan bagian komputer seperti mouse, keyboard, monitor, dan kipas pendingin komputer selalu dalam keadaan bersih. Penumpukan debu yang terjadi pada bagian-bagian komputer akan memperlambat kinerja komputer sehingga bisa saja memunculkan virus dari perangkat keras bukan perangkat lunak.
Agar komputer bisa bekerja dengan baik, kepastian kebersihan komputer atau laptop harus benar-benar terjaga. Bila perlu carilah informasi mengenai tips membersihkan komputer secara baik dan benar sehingga dengan dibersihkannya kotoran pada perangkat keras komputer tidak akan menimbulkan kerusakan yang fatal.
b. Back Up Komputer atau Laptop Secara Rutin
Back up komputer akan mengamankan data-data Anda sehingga tidak hilang atau terhapus oleh gangguan virus. Back up bisa dilakukan setidaknya satu minggu sekali atau setelah menambahkan data baru ke komputer atau laptop Anda. Back up ini cukup mudah karena langkah yang bisa Anda tempuh adalah cukup mengkopi semua data baik di lokal data C, D, ataupun E ke flashdisk, hardisk eksternal, database online layaknya google drive ataupun back up ke komputer lain sementara sebelum mengaturnya kembali ke komputer atau laptop Anda. Melakukan back up secara rutin akan mengamankan data file Anda dan Andapun tidak perlu khawatir akan kehilangan data penting.
c. Hati-hati dalam mengklik sesuatu terlebih untuk kiriman online ataupun alamat mencurigakan di media sosial seperti Facebook, Yahoo Mesengger, Twitter ataupun Blog. Meskipun alamat yang diatwarkan kepada Anda adalah alamat menarik seperti halnya alamat yang berkedok memuat foto selebriti, ajakan undian, games online gratis, video lucu dan unik, serta lain sebagainya, Anda tidak boleh percaya begitu saja dengan hal ini karena bisa jadi malware yang ditujukan kepada Anda adalah link malware palsu menyebar virus.
Pada dasarnya cukup mudah dalam menjaga komputer atau laptop tetap dalam keadaan bersih dari virus. Semua yang berhubungan dengan keamanan komputer atau laptop membutuhkan kehati-hatian, termasuk kehati-hatian dan waspada akan virus penyebab rusaknya perangkat lunak komputer serta hilangnya data penting pada komputer atau laptop.
Semoga bermamfaat .

0 komentar:

Posting Komentar